Jangan Sampai Menjadi Hamba Hana Mangat

Yuk Share
Sumber gambar: Pixabay

Oleh : Ustadz Harits Abu Naufal

Saudara-saudaraku muslimin dan muslimat yang dirahmati oleh Allah ﷻ, kita ini adalah hamba dari hamba-hamba Allah, kita hidup dari rahmatnya Allah, kita hidup dari rezekinya Allah, kita bergerak dari ketetapannya Allah yang Allah berikan kepada kita. Sehingga ketika kita sadar bahwa kita adalah hamba dari hamba-hambanya Allah, maka jangan sampai setelah kita mengetahui sebuah kebenaran, kita bergeser dari menjadi hambanya Allah menjadi hamba hana mangat (tidak enakan).

Jadilah kita sebagai hamba dari hamba Allah. Bagaimana seorang hamba dari hamba Allah terkadang darah harus kita keluarkan untuk kita buktikan kita hamba Allah. Terkadang darah, terkadang harta harus kita keluarkan untuk kita buktikan kita sebagai hamba Allah. tapi ini bukan darah bukan harta, cuma perasaan. Masak perasaan saja sulit untuk kita korbankan, hana mangat, terus mengaku paling cinta lagi sama Nabi ﷺ.

Perlu diketahui, orang-orang yang mereka melegalkan bid’ah, di yaumul qiyamah mereka akan digiring tidak boleh minum dari haudh (telaga)-nya Rasulullah ﷺ, bahaya. Sehingga Ikutilah apa yang Allah inginkan kepada kita. Ikuti apa yang Allah inginkan bagi kita, adapun yang lain-lain ini yang kita tidak enak sama mereka, mereka juga hamba Allah yang mudah bagi Allah membuka hati mereka ketika kita menjaga batasan kita dengan Allah ﷻ.

Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah mengatakan bahwasanya keridhaan manusia adalah sesuatu yang tidak ada habis-habisnya, hari ini ingin A besoknya sudah ingin B, tidak ada habis-habisnya. Maka carilah ridhanya Allah ﷻ.

Wallahu ta’ala a’lam bishawab.

Mudah-mudahan Allah ﷻ memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita untuk bisa berjalan diatas jalan yang dicintai dan diridhai oleh Allah ﷻ .

Ditranskrip oleh Tim Syiar Tauhid Aceh dari kajian Ustadz Harits Abu Naufal

Lihat faedah lain disini:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Dapatkan informasi dari Syiar Tauhid Aceh, melalui :

Facebook Page TV: STA TV
Facebook Page Radio: Radio
Youtube: Syiar Tauhid Aceh
Instagram: Syiar Tauhid Aceh
Telegram: Syiar Tauhid Aceh
Website: Syiar Tauhid Aceh
Grup Whatsapp: Syiar Tauhid Aceh

Yuk Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Share
Yuk Share