Sat. Jan 16th, 2021

Jauhi Kesombongan

1 min read

Berkata Abu salamah bin Abdirrahman Rahimahullah :

Pada suatu hari Abdulllah bin Umar bertemu dengan Abdullah bin Amr bin Ásh Radhiyallahu Anhuma di Marwa. lalu keduanya berbincang sesaat lalu Abdullah bin Amr bin Ash berlalu sedangkan Abdullah bin Umar terdiam dan menangis.

Kemudian datang seorang lelaki bertanya kepadanya :

Apa yang membuatmu menangin wahai Aba Abdirrahman ?

Beliau berkata :

هَذَا يَعْنِي: عَبْدَالله بْنَ عَمْرٍو زَعَمَ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةٍ مِنْ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرٍ، أَكَبَّهُ الله عَلَى وَجْهِهِ فِي النَّار.

Yang membuatku menangis adalah ini ( Abdullah bin Amr bin Ash ) dia menganggap dirinya pernah mendengar bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :

Barang siapa didalam hatinya terdapat sebesar biji Dzarrah dari kesombongan, maka Allah akan melemparkan dengan wajahnya kedalam neraka. [HR Ahmad dengan sanad yang Sahih]

Sombong sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah ﷺ adalah :

بطر الحق و غمض الناس

Menolak kebenaran dan merendahkan manusia

Sungguh sangat Mulia dirimu Wahai Abdullah bin Umar, dirimu takut dengan kesombongan dan menangis karenanya padahal engkau adalah calon penghuni Syurga.

Bagaimana dengan diri kita yang berbalutkan baju Tawadhu namun terisi penuh didalamnya keangkuhan dan kesombongan. Dengan ilmu yang Secuil lalu merasa sebagai Pahlawan Islam dan menganggap dirinya yang paling berjasa.

Ya Allah, Ampunilah kami dan jauhkanlah diri kami dari kesombongan dan keangkuhan, dan Masukkanlah kami semua didalam Rumah keridhaanmu yaitu Syurga yang mengalir dibawahnya sungai keindahan dan kenikmatan abadi.

Barakallahu Fikum

Barakallahu fikum
Sumber : Almisk.or.id
✒Penulis : Abu Abdillah Imam حَفِظَهُ اللهُ

Dipublikasi ulang oleh:
Team Radio Syiar Tauhid Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *