Thu. Nov 14th, 2019

Larangan Niyahah Ketika Ada yang Meninggal

2 min read
“Tidaklah termasuk golongan kami orang yang menampar pipi atau merobek-robek pakaian atau berteriak dengan teriakan Jahiliyah”.
“Tidaklah termasuk golongan kami orang yang menampar pipi atau merobek-robek pakaian atau berteriak dengan teriakan Jahiliyah”.


Oleh: Ustadz Harits Abu Naufal

Apa itu niyahah? Niyahah memiliki makna yang banyak. Di antara bentuk niyahah yaitu seseorang berteriak-teriak, menangis, merobek-robek baju, memukul-mukul wajah ketika ada orang yang meninggal sebagaimana Nabi ﷺ menyebutkan di dalam hadits Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu :

لَيْسَ مِنَّا مَنْ ضَرَبَ الْخُدُوْدَ أَوْ شَقَّ الْجُيُوْبَ أَوْ دَعَا بِدَعْوَى الْجَاهِلِيَّةِ

“Tidaklah termasuk golongan kami orang yang menampar pipi atau merobek-robek pakaian atau berteriak dengan teriakan Jahiliyah”. [Disepakati keshahihannya : Al-Bukhari dalam Al-Jana’iz 1294, Muslim dalam Al-Iman 103]

Ini merupakan niyahah dan orang yang melakukan niyahah, maka Nabi ﷺ menyebutkan si mayit itu akan merasakan sakit disebabkan niyahah orang yang hidup.

Antum punya orang tua meninggal, kemudian Antum teriak-teriak menangis, menjerit-jerit, memukul wajah, merobek-robek baju, maka orang tua kita yang di dalam kuburnya yang akan merasakan kesakitan. Kecuali kalau seandainya orang tuanya sudah berwasiat, “Kalau saya meninggal, tidak boleh kalian berbuat niyahah, tidak boleh kalian teriak-teriak, tidak boleh kalian merobek robek baju kalian.” Ini salah satu bentuk niyahah, dan balasannya atau hukuman yang akan didapat oleh orang yang melakukan niyahah kata Nabi ﷺ, dia akan dipakaikan baju yang terbuat dari besi api neraka kelak di yaumul qiamah. Ini Apa sebabnya? Tidak ada kesabaran ketika mendapatkan ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah.

Ditranskrip oleh Tim Syiar Tauhid Aceh dari kajian Ustadz Harits Abu Naufal

Lihat faedah lain disini:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Dapatkan informasi dari Syiar Tauhid Aceh, melalui :

Facebook Page TV: STA TV
Facebook Page Radio: Radio
Youtube: Syiar Tauhid Aceh
Instagram: Syiar Tauhid Aceh
Telegram: Syiar Tauhid Aceh
Website: Syiar Tauhid Aceh
Grup Whatsapp: Syiar Tauhid Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *