Tue. Dec 10th, 2019

Sudah Sholat Tapi Masih Banyak Masalah??

3 min read
Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan Allah akan memberinya musibah.”(HR.Al-Bukhari)
Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan Allah akan memberinya musibah.”(HR.Al-Bukhari)

Oleh : Ustadz Harits Abu Naufal

Bentuk-bentuk seseorang tidak bersabar dengan ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah ﷻ apakah berupa dengan lisannya ataukah dengan perbuatannya. ketika Allah ﷻ misalnya memberikan ujian dan cobaan kepadanya, toko yang telah dia bangun yang kemudian menjadi besar tiba-tiba terbakar atau tiba-tiba bangkrut. Kemudian dia akan berkata, “Apa salah saya? Ke masjid setiap lima waktu saya ke masjid, adzan belum dikumandangkan saya sudah duduk di masjid untuk shalat sunnah tahiyatul masjid, sementara tetangga saya yang tidak pernah datang ke masjid, hidupnya selalu bermaksiat, tokonya semakin berkembang. Apa salah saya?”

Ini namanya tidak ada kesabaran atas apa yang Allah ﷻ berikan kepadanya, atau tidak dia wujudkan dengan ucapannya, tetapi dia bergumam dalam hatinya, dia dongkol dalam hatinya, dia ucapkan dalam hatinya dan tidak dia ucapkan dengan lisannya, ini juga tidak ada kesabarannya.

Atau dari sisi perbuatan, yang tadinya dia rajin ke masjid, dia rajin melakukan ketaatan kepada Allah, karena diuji dan dicoba oleh Allah akhirnya dia sudah menghilang dari ketaatan kepada Allah ﷻ. Ini menunjukkan tidak ada kesabaran pada orang tersebut.

Namun tentu sebaliknya orang-orang yang beriman, semakin diuji dan dicoba oleh Allah ﷻ maka dia semakin mengoreksi dirinya, “Mungkin Allah memberikan ujian dan cobaan kepada saya disebabkan terlalu banyak dosa yang saya lakukan, mungkin banyak kesalahan yang saya lakukan sehingga Allah ingin bersihkan apa yang selama ini saya punya.”

Ini tanda-tanda orang yang mereka telah sempurna imannya, dan ini adalah sebagaimana yang disebutkan Allah dalam Al-Qur’an ketika Allah memberikan cobaan kepada Nabi Yunus ‘alaihissalam, Nabi Yunus ‘alaihissalam berkata sebagaimana Allah nukilkan dalam Al-Qur’an :

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya.” (QS. Al-Anbiya [21] : 87)

Beliau mengaku diri beliau dzolim dalam keadaan dia seorang nabi, orang yang ma’shum dari kesalahan, orang yang sudah dijamin masuk surga, tapi beliau merasa diri beliau berbuat kezaliman.

Begitu juga Nabi Adam ‘alaihissalam ketika Allah turunkan beliau ke dunia ini, dan beliau makan buah yang ada dalam surga tersebut tidaklah sengaja, tetapi beliau lupa Allah pernah melarang beliau makan buah tersebut karena begitu hebatnya iblis menggoda Nabi Adam ‘alaihissalam. Apa doa Nabi Adam ‘alaihissalam? Di dalam al-qur’an Allah ﷻ menyebutkan :

رَبَّنَا ظَلَمْنَآ أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخٰسِرِينَ

“Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Al-A’raf [7] : 23)

Subhanallah, ini para nabi dan rasul ketika diuji oleh Allah dia semakin sadar, “Saya punya kesalahan.”

Tentunya kita yang memang sudah pasti salah, pasti berbuat dosa, pasti berbuat zalim, ketika Allah memberikan ujian dan cobaan kepada kita maka ini mungkin sebagai sebab pembersih-pembersih dosa apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Dan yakinlah saudara-saudaraku, ketika Allah memberikan ujian dan cobaan kepada kita ini menunjukkan Allah mencintai kita.

Nabi ﷺ menyebutkan dalam hadisnya :

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ

“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan, Allah akan memberinya musibah.” (HR. Al-Bukhari).

Ini tanda Allah berikan kebaikan baginya.

Ditranskrip oleh Tim Syiar Tauhid Aceh dari kajian Ustadz Harits Abu Naufal

Lihat faedah lain disini:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *