Mon. Apr 15th, 2024

Sungguh Celaka Pemimpin Yang Tidak Amanah

1 min read

Dari Abu Hurairah -radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

ويلٌ للأمراءِ، ويلٌ للعُرَفاءِ، ويلٌ للأمناءِ، لَيَتمنَّيَنَّ أقوامٌ يومَ القيامةِ أنَّ ذوائبَهم كانتْ معلَّقةً بالثُّريَّا، يَتذَبْذبونَ ولم يكونوا عَمِلوا على شيءٍ

Sungguh celaka para penguasa, sungguh celaka orang-orang yang ditokohkan, sungguh celaka orang-orang yang diberi amanah. Pada hari kiamat, sebagian dari mereka berangan-angan berada dalam keadaan tergantung di tempat yang tinggi daripada memikul beban yang mereka pikul saat masih hidup (kepemimpinan, penokohan, atau amanah). (HR. Ahmad, hasan)

Baca Juga :

Makna hadis di atas, Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan bahwa kelak para penguasa, para tokoh serta orang-orang yang telah dititipkan amanah kepada mereka berada dalam keadaan celaka. Mereka digantung di angkasa, kemudian disiksa tatkala mereka tidak menjalankan apa yang harus mereka jalankan ketika menjadi penguasa, tokoh, maupun ketika mereka diberi amanah. Mereka juga tidak meninggalkan sesuatu yang semestinya mereka tinggalkan tatkala mereka menjadi seorang pemimpin, menjadi seorang tokoh yang ditokohkan, atau menjadi orang yang diamanahkan sesuatu kepadanya.

Pemateri : Ustadz Farhan Abu Furaihan حَفِظَهُ اللهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *