Mon. Sep 28th, 2020

Sungguh Merugi Orang Yang Tidak Berbakti Kepada Orang Tua

1 min read

وعنه، عن النَّبيّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «رغِم أنفُ، ثُمَّ رَغِمَ أنْفُ، ثُمَّ رَغِمَ أنْفُ مَنْ أدْرَكَ أبَويهِ عِنْدَ الكِبَرِ، أَحَدهُما أَوْ كِليهمَا فَلَمْ يَدْخُلِ الجَنَّةَ». رواه مسلم.

Dari Abu Hurairah Radhiallahu’ Anhu , dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam , Beliau bersabda: “Sungguh merugi, sungguh merugi, dan sungguh merugi, orang yang mendapat kedua orang tuanya, baik salah satu atau keduanya pada saat lanjut usia, tetapi dia tidak masuk Surga” [HR. Muslim]

Faidah / Kandungan Hadist

  1. Berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan hal yang wajib dalam keadaan bagaimana pun, baik ketika mereka masih muda maupun sudah lanjut usia.
  2. Kedua orang tua ketika lanjut usia lebih membutuhkan perbuatan baik dari anak-anaknya karena semakin melemahnya fisik mereka.
  3. Seorang muslim seyogianya memperhatikan orang-orang lemah dan orang-orang yang lanjut usia serta besikap lembut dan menyayangi mereka.
  4. Durhaka kepada kedua orang tua mengharuskan pelakunya masuk Neraka dan terusir dari rahmat Allah. Sedangkan berbakti kepada keduanya menjadi jalan menuju Surga.

Sumber : Syarah Riyadhus Shalihin, Syaikh Salim bin ‘Ied Al Hilali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *