Tue. Dec 10th, 2019

Tuduhan Zaman Now, Jenggotan dan Cingkrang Itu Wahabi

2 min read
Keluar fatwa Wahabi tadi tahun 400 Hijriyah, Syekh Muhammad bin Abdul Wahab muncul pada abad ke-12. 8 abad jarak beliau dengan fatwa yang telah keluar tadi, sangat jauh.
Tuduhan Zaman Now, Jenggotan dan Cingkrang Itu Wahabi
Tuduhan Zaman Now, Jenggotan dan Cingkrang Itu Wahabi


Pemateri : Ustadz Farhan Abu Furaihan

Seperti zaman sekarang ini juga, ada tanda-tanda jenggot Wahabi, celana cingkrang Wahabi. Ketika ditanya apa itu Wahabi dia tidak tahu.

Wahabi betul dia aliran sesat, kita harus yakin Wahabi adalah aliran yang sesat menyesatkan. Siapa tokohnya? Tokohnya bernama Abdul Wahab bin Abdurrahman bin Rustum. Wahabi ini muncul di akhir tahun 200 Hijriah di daerah Maroko. Yang pertama kali mengeluarkan fatwa tentang sesatnya Wahabi adalah seorang ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah di Maroko pada tahun 400 Hijriyah yang bernama Ali Al-Lukhami. mengapa beliau mengeluarkan fatwa sesat tentang sekte Wahabi ini? Karena mereka memiliki beberapa prinsip, yang pertama mereka berpendapat bolehnya memberontak kepada penguasa yang sah dengan alasan dia tidak adil, yang kedua mereka mengkafirkan kaum muslimin dengan dosa-dosa besar, kemudian mereka meyakini bahwa sifat-sifat Allah itu menyerupai sifat makhluk, tangannya Allah seperti tangan makhluk, turunnya Allah seperti turunnya makhluk, maka difatwakan sesat oleh al-Imam al-Lukhami pada tahun 400 Hijriyah. Namun anehnya, fatwa sesat Wahabi ini diberikan kepada Syekh Muhammad bin Sulaiman bin Abdul wahhab yang muncul pada tahun 1200 Hijriyah, betapa jauhnya.

Keluar fatwa Wahabi tadi tahun 400 Hijriyah, Syekh Muhammad bin Abdul Wahab muncul pada abad ke-12. 8 abad jarak beliau dengan fatwa yang telah keluar tadi, sangat jauh.

Sekarang apakah Muhammad bin Abdul Wahab sesat ataukah tidak, karya beliau banyak maka buktikan di mana letak kesesatannya, dan tentunya setiap vonis itu akan ada pertanggungjawaban di hari kiamat kelak.

Nah, kalau jenggot dikatakan Wahabi, celana cingkrang tanda Wahabi, kalau demikian berarti nabi kita juga Wahabi, Khulafaur Rasyidin juga Wahabi, 4 Imam mazhab juga Wahabi, celana mereka cingkrang, mereka berjenggot, dan hadits-hadits dalam Shahih Bukhari sangat banyak yang menerangkan kepada kita perintahnya nabi bagi kaum lelaki untuk membiarkan jenggot. Perhatikan! Membiarkan, bukan menumbuhkan. Karena kalau kita katakan dianjurkan untuk menumbuhkan berarti ada anjuran untuk membeli produk penumbuh jenggot, tetapi yang ada perintah dari nabi adalah membiarkan, bukan menumbuhkan, atau kalau tumbuh tidak boleh dipotong. itu haditsnya terdapat dalam Bukhari dan Muslim, berarti Imam Bukhari juga Wahabi, imam muslim juga Wahabi.

Inilah tatkala vonis diatas emosi dan bukan diatas ilmiah, semata-mata karena semangat dan fanatik buta.

Ditranskrip oleh Tim Syiar Tauhid Aceh dari kajian Ustadz Farhan Abu Furaihan

Lihat faedah lain disini:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *