Mon. May 25th, 2020

Jangan Sembarangan Menerima Berita

1 min read

Lakukanlah tabayyun, kroscek atau carilah kejelasan terhadap berita-berita media, jangan terima mentah-mentah begitu saja. Apalagi media yang ada saat ini cuma cari tenar dan sensasi.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.”

(QS. Al Hujurat: 6).

Berkata Al Imam Ibnu Katsir Rahimahullah:

“Allah telah memerintahkan agar mengecek berita orang fasiq agar kita berhati-hati darinya, sehingga tidak salah dalam menghukumi sesuatu padahal tidak benar sehingga kita menyesal.” (Tafsir Ibnu Katsir)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As- Sa’di saat menerangkan ayat di atas, beliau berkata,

“Termasuk adab bagi orang yang cerdas yaitu setiap berita yang datang dari orang kafir hendaknya dicek terlebih dahulu, tidak diterima mentah-mentah. Sikap asal-asalan menerima amatlah berbahaya dan dapat menjerumuskan dalam dosa. Jika diterima mentah-mentah, itu sama saja menyamakan dengan berita dari orang yang jujur dan adil. Ini dapat membuat rusaknya jiwa dan harta tanpa jalan yang benar. Gara-gara berita yang asal-asalan diterima akhirnya menjadi penyesalan.”

Hamba Allah:
Imam Abu Abdillah (Ghafarallahu Lahu Wa Liwaalidaihi.)

 

Sumber tulisan: Channel Telegram Al Misk asuhan ustadz Imam Abu Abdillah.

 

Lihat tulisan Ustadz Abu Abdillah Imam Lainnya:

 

Bantu Dakwah Melalui Radio Syiar Tauhid Aceh

Donasi: BNI Syariah (Kode 009)
No. Rekening 49.71.80.00.04 (An. Yayasan Syiar Tauhid Banda Aceh)
Konfirmasi: 082360005322

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *