Tauhid adalah Kunci

Yuk Share

1. Kunci surga

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa mati, dan dia mengetahui bahwa: Lâ ilâha illallâh tiada yang berhak disembah selain Allah’, dia pasti masuk surga.” [HR. Muslim, no. 26]

2. Kunci Ampunan.

Rasulullah bersabda:

يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً .

“Wahai, anak Adam! Seandainya engkau menemui-Ku dengan membawa kesalahan sepenuh bumi, kemudian menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan Aku sedikit pun, tentulah Aku akan memberikan pengampunan sepenuh bumi’.” (HR. Tirmidzi)

3. Kunci syafaat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، أَنَّهُ قَالَ : قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ، مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” لَقَدْ ظَنَنْتُ يَا أَبَا هُرَيْرَةَ ، أَنْ لَا يَسْأَلَنِي عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ أَحَدٌ أَوَّلُ مِنْكَ لِمَا رَأَيْتُ مِنْ حِرْصِكَ عَلَى الْحَدِيثِ ، أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ. رواه البخاري

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berbahagia karena mendapatkan syafaat anda di hari kiamat? Rasul menjawab: ”Wahai Abu Hurairah, sudah saya duga, tidak ada seorangpun yang bertanya kepadaku tentang masalah ini sebelum-mu. Karena saya tahu, kamu sangat semangat untuk mendapatkan hadis. Lalu beliau bersabda, “Orang yang paling berbahagia karena mendapatkan syafaatku adalah orang yang mengikrarkan laa ilaaha illallah, ikhlas dari dalam dirinya.” (HR. Bukhari)

4. Kunci mendapatkan rasa Aman

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الَّذِينَ آمَنُواْ وَلَمْ يَلْبِسُواْ إِيمَانَهُم بِظُلْمٍ أُوْلَـئِكَ لَهُمُ الأَمْنُ وَهُم مُّهْتَدُون

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al-An’am [6]: 82)

5. Kunci Islam

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada pamannya yang kafir di saat menjelang kematiannya.

(( يَا عَمِّ ؛ قُلْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ كَلِمَةً أُحَاجُّ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ )) وفي رواية ((أَشْهَدُ لَكَ بِهَا عِنْدَ اللَّهِ))

“Wahai paman, ucapkanlah laa ilaaha illallaah (tidak ada sesembahan yang benar kecuali Allah). Sebuah kalimat yang akan kujadikan hujjah untukmu di sisi Allah. (HR. Bukhari dan Muslim).

6. Kunci terhindar dari neraka

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، يَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ

“Sesungguhnya Allah telah mengharamkan neraka bagi siapa saja yang mengucapkan “laa ilaaha illallah”, dan dia berharap wajah Allah dari ucapannya tersebut.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

7. Kunci kejayaan dan kemenangan

Allah ta’ala berfirman,

{وعد الله الذين آمنوا منكم وعملوا الصالحات ليستخلفنهم في الأرض كما استخلف الذين من قبلهم وليمكنن لهم دينهم الذي ارتضى لهم وليبدلنهم من بعد خوفهم أمنا يعبدونني لا يشركون بي شيئا ومن كفر بعد ذلك فأولئك هم الفاسقون}

“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang dijualh itu Dia sungguh-sungguh akan membuat mereka berkuasa di muka bumi, dan dia telah membuat orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan Bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan mengubah (mereka) mereka setelah mereka dalam kesulitan menjadi sentosa, mereka senantiasa menyembah-Ku (samata-mata) dan tidak mempersekutukan-Ku dengan apa pun, dan barangsiapa yang (tetap) kafir berlalu (janji) itu, maka mereka yang orang fasik ”(QS An Nuur: 55).

Di akhir Ayat, Allah menyebutkan sifat kaum yang dimenangkan dan dijayakan : mereka senantiasa menyembah-Ku (samata-mata) dan tidak mempersekutukan-Ku dengan apa pun, dan barangsiapa yang (tetap) kafir berlalu (janji) itu, maka mereka yang orang fasik

8. Kunci Khusnul Khatimah

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ

”Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘lailaha illallah’, maka dia akan masuk surga” (HR. Abu Daud. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621)

Peganglah kunci ini dan jangan engkau melepaskannya.

Ditulis oleh: Ustadz Fadlan Fahamsyah
Sumber: Facebook Fadlan Fahamsyah

Postingan lain yang Bermanfaat:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Yuk Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Share
Yuk Share