Kenapa Allah Menciptakan Dajjal?

Yuk Share

Pemateri : Syaikh Prof. Dr. Adil bin Muhammad As-Subai’iy
Penterjemah : Ustadz Imam Abu Abdillah

Tanya :

Kenapa Allah ﷻ menciptakan Dajjal?

Jawab :

Kalau kita melihat para sahabat nabi ketika Nabi ﷺ menyebutkan Dajjal, bahwa Dajjal itu akan tinggal di bumi selama 40 hari, ada 1 hari seperti 1 tahun, ada 1 hari seperti 1 bulan, ada 1 hari seperti 1 pekan, dan sisa hari yang ada seperti hari-hari yang kalian lalui. Apa yang dilakukan oleh para sahabat? Para sahabat tidak bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana cuaca di saat itu? Bagaimana matahari? Bagaimana bulan? Bagaimana iklim di saat itu?” Tetapi para sahabat bertanya kepada Nabi ﷺ dengan pertanyaan yang membawa mereka kepada kebaikan, perkara yang mendekatkan diri mereka kepada Allah ﷻ. Mereka bertanya kepada Nabi ﷺ, “Ya Rasulullah, seandainya kita berada dalam kondisi seperti itu, apakah cukup 1 kali waktu shalat untuk semuanya ataukah kita shalat sebagaimana shalat-shalat di waktu yang kita lalui di hari-hari ini?” Ini adalah sesuatu yang ditanyakan oleh sahabat Rasul ﷺ.

Kita lihat di dalam Al-Qur’anul Karim bagaimana Allah ﷻ menceritakan orang-orang yang beriman, Allah ﷻ mengatakan di dalam ayat-Nya :

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُونَ

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,” (QS. Al-Baqarah [2] : 3)

أُولٰٓئِكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۖ وَأُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Al-Baqarah [2] : 5)

Lihat Artikel Lain:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Yuk Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Share
Yuk Share