Kenapa Musik itu Haram?

Yuk Share

Pemateri : Syaikh Prof. Dr. Adil bin Muhammad As-Subai’iy
Penterjemah : Ustadz Imam Abu Abdillah

Tanya:

Kenapa musik itu haram?

Jawab:

Jawabannya adalah karena musik itu akan menumbuhkan penyakit nifaq di dalam diri seseorang. Musik adalah pos dari kefasikan, musik adalah sebab terbesar seorang lemah hatinya untuk bersandar kepada Allah ﷻ, musik akan mendorong seseorang untuk jatuh kedalam penyakit cinta buta, cinta haram. Oleh karena itu, seorang yang dia itu diuji oleh Allah dengan suka mendengar musik-musikan, tidak akan ada di dalam hatinya cinta untuk mendengarkan firman-firman Allah ﷻ. Kenapa demikian? Karena hatinya sudah penuh dengan kecintaan-kecintaan kepada hal-hal yang haram, untuk mendengarkan sesuatu yang sesuai dengan hawa nafsunya, sehingga dia tidak akan terisi dengan kecintaan kepada Al-Qur’an dan kalamullah ﷻ.

Allah ﷻ berfirman :

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِى لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan percakapan kosong untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah.” (QS. Luqman [31] : 6)

Oleh karenanya para ulama menamakan musik dengan sebabnya zina. Mengapa demikian? Karena akan menyeret seseorang dalam perbuatan zina. Semoga Allah menjaga kita dari perbuatan tersebut.

Dan aku mengingatkan kepada saudaraku ini dengan firman Allah ﷻ :

إِنَّمَا كَانَ قَوْلَ الْمُؤْمِنِينَ إِذَا دُعُوٓا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِۦ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ أَنْ يَقُولُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا

“Hanyasaja ucapan orang-orang mukmin, yang apabila mereka diajak kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul memutuskan (perkara) di antara mereka, mereka berkata, Kami mendengar, dan kami taat.” (QS. An-Nur [24] : 51)

Dan Allah ﷻ telah mengganti kita di dalam Al-Qur’anul Karim, sesuatu yang lebih indah daripada musik-musikan tersebut.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, kehidupan dunia itu pendek, maka sabarkanlah dirimu sampai engkau benar-benar mendengarkan lantunan musik yang hakiki ketika itu dinyanyikan oleh bidadari-bidadari yang ada di dalam surga Allah ﷻ.

Artikel lain:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Yuk Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yuk Share
Yuk Share