Mengapa Allah Menciptakan Babi?

Share Yuk!!!

Pemateri : Syaikh Prof. Dr. Adil bin Muhammad As-Subai’iy
Penterjemah : Ustadz Imam Abu Abdillah

Tanya :

Assalamualaikum ya Syaikh, ana ingin bertanya. Babi kan haram, lalu kenapa Allah ﷻ menciptakan babi?

Jawab:

Sesungguhnya di dalam ciptaan Allah ﷻ itu terdapat hikmah yang sangat besar dan agung. Kadang hikmah ini diketahui oleh seseorang dan kadang tidak diketahui, dan kalau kita melihat di dalam hikmah diciptakannya babi, kita akan melihat sesuatu yang banyak. Kadang saya bisa menceritakan sebagian, selain saya juga bisa menceritakan sebagian yang lain. Mungkin kau bertanya dengan orang yang lain, dia akan menjawab dengan sesuatu yang lain juga. Tetapi, yang perlu kita ketahui disini semua adalah sebuah konsep yang dasar bahwa kita sebenarnya tidak boleh bertanya kenapa Allah ﷻ menciptakan ini dan itu. Kenapa demikian? Karena kita melihat hikmah Allah yang sangat banyak di dalam segala perbuatan Allah ﷻ menciptakan ini dan itu. Namun tidak mengapa untuk kita menyebutkan beberapa hikmah diciptakannya babi. Seandainya di antara hikmah yang Allah ﷻ ciptakan dengannya babi adalah sebagai ujian kepada manusia bahwa ini adalah haram, maka itu sudah cukup menjadi hikmah, apakah manusia taat kepada Allah ﷻ ataukah tidak.

Sebagaimana Allah ﷻ mengharamkan kepada Bani Israil untuk mereka mencari ikan di hari Sabtu, tidak ada tujuan lain kecuali untuk menguji mereka taat atau tidak terhadap perintah Allah ﷻ, sehingga Allah ﷻ jadikan di hari Sabtu itu ikan yang berlimpah ruah. Namun Allah ﷻ ingin menguji mereka apakah mereka itu taat dengan larangan Allah ﷻ atau tidak. Begitu juga di antara hikmahnya adalah sebagai ujian kepada orang-orang yang lemah imannya, ujian kepada sebagian orang-orang kafir yang mereka pada dasarnya itu suka mengkonsumsi makanan-makanan tersebut. Dan di sana ada sesuatu yang lain yang perlu diketahui bahwa babi itu adalah seekor hewan yang juga sebagai makanan dari hewan yang lain, ini juga barangkali sebagai hikmah Allah ﷻ menciptakan babi tersebut. Namun yang perlu kita pahami bersama bahwa di dalam perbuatan Allah itu terkandung didalamnya hikmah yang sangat besar dan sangat agung.

Disini ada sebuah kisah, ada seorang lelaki, pernah dia itu mempertanyakan kenapa Allah itu menciptakan binatang-binatang kecil, serangga-serangga yang ada di rumah-rumah yang sudah hancur, kenapa Allah menciptakan itu?

Demikian pertanyaan lelaki tersebut.

Sampai Allah ﷻ menguji lelaki itu dengan sebuah penyakit yang mana penyakit itu tidak bisa disembuhkan kecuali dengan obat yang dibuat dari serangga-serangga itu. Ini adalah hikmah yang telah Allah ﷻ tentukan. Ini diceritakan oleh para ulama ahli sejarah seperti Imam Ibnu Katsir dan selain beliau dari kalangan para ulama. Dia diuji oleh Allah ﷻ dengan sebuah penyakit yang tidak ditemukan obatnya kecuali obat yang terbentuk dari serangga tersebut.

Artikel lain:

Bantu Dakwah Sunnah di Serambi Mekkah. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik disini. Jazakallahu khairan katsiran.

Share Yuk!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares