Mon. Apr 15th, 2024

Sunnah yang Terlupakan (Menjawab Bersin)

1 min read

Dikatakan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ الله، وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ الله، فَإِذَا قالَ لَهُ يَرْحَمُكَ الله، فَلْيَقُلْ يَهْدِيكُمُ الله، وَيُصْلِحُ بالَكُمْ.

“Jika salah seorang dari kalian bersin maka hendaknya dia mengatakan, “Alhamdulillāh.” Dan saudaranya yang mendengarnya hendaknya mengucapkan, “Yarhamukallah.” (semoga Allah merahmatimu). Jika saudaranya mengucapkan “Yarhamukallah,” maka yang bersin tadi menjawab lagi dengan mengatakan “Yahdikumullāh wa yushlihu bā lakum” (semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan semoga Allah meluruskan/memperbaiki urusanmu).” (HR. Bukhari no. 6224)

Hal ini merupakan perintah serta bimbingan dari Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Apabila kita ingin memerhatikan, sungguh indah ajaran agama ini dan sungguh lengkap.

Maka sungguh keliru sebagian saudara-saudara kita yang menganggap syariat Islam kurang lengkap atau kurang cocok dengan perkembangan zaman dan lain sebagainya. Karena Islam ini begitu sempurna. Dalam permasalah yang menurut kita kecil pun Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam memberi bimbingan, apatah lagi dengan perkara yang besar?

Pemateri : Ustadz Adam Abu Rifky حَفِظَهُ اللهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *