Fri. Feb 23rd, 2024

Baca Doa Ini dalam Shalat, Sangat Dianjurkan

1 min read

Ada dua doa besar dan indah yang pernah nabi kita shalallahu ‘alaihi wasallam ajarkan kepada dua sahabatnya yang mulia untuk mereka baca di akhir salat, dan kedua doa tersebut juga boleh dibaca ketika sujud. Kedua sahabat tersebut adalah Abu Bakar dan Mu’adz -radhiallahu ‘anhuma-.

Doa yang pertama adalah doa:

اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظَلَمْتُ كَثِيْرًا وَلا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang sangat banyak dan tidak ada yang mampu memberikan pengampunan kecuali Engkau. Oleh karenanya, ampunilah diriku dengan pengampunan dari-Mu dan rahmatilah aku, sungguh Engkau Maha Pengampun dan Maha Pengasih.” (HR. Bukhari)

Doa ini diajarkan oleh nabi kita shalallahu ‘alaihi wasallam kepada Abu Bakar -radhiallahu ‘anhu- tatkala beliau meminta kepada nabi shalallahu ‘alaihi wasallam mengajarkannya sebuah doa yang dapat beliau baca di dalam salat.

Doa yang kedua adalah doa yang nabi kita shalallahu ‘alaihi wasallam ajarkan kepada Mu’adz bin Jabal -radhiallahu ‘anhu-, dan beliau berkata tentang doa ini kepada Mu’adz:,

أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لا تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاة

“Aku memberikanmu nasehat, wahai mu’adz. Janganlah engkau tinggalkan (doa ini) saat di penghujung shalatmu.”

Doa tersebut adalah:

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

“Ya Allah, tolonglah aku dalam berdzikir, bersyukur dan beribadah yang baik pada-Mu.” (HR. Abu Daud no. 1522 dan An Nasai no. 1304. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Maka sudah seyogianya bagi kita untuk menghafal dan memahami kandungan doa yang mulia di atas, serta membacakannya di dalam salat kita, khususnya di akhir tasyahud sebelum salam maupun di dalam sujud.

Pemateri : Ustadz Farhan Abu Furaihan حَفِظَهُ اللهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *