Fri. Feb 23rd, 2024

Sunnah-Sunnah Seputar Kelahiran Anak

1 min read

Ikhwani fiddin rahimani wa rahimakumullah,

Terdapat beberapa sunnah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam yang bisa kita lakukan ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala mengaruniakan kepada kita kelahiran seorang anak. Di antara sunnah tersebut adalah memberikan kabar gembira kepada orang lain dengan mengumumkan perihal kelahiran anak tersebut. Sebagaimana pernah suatu ketika sahabat Hasan Al-Bashri datang membawa saudaranya yang baru dikaruniai seorang anak yang baru lahir, ia pun didoakan oleh Hasan Al-Bashri.

Sunnah lainnya yaitu mentahnik, yaitu mengunyah kurma kemudian menempelkannya di langit-langit mulut si bayi sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Kemudian kita mendoakan keberkahan pada bayi tersebut.

Sunnah berikutnya adalah mencukur rambut bayi tersebut baik laki-laki maupun perempuan. Kemudian memberikan nama yang baik pada anak tersebut. Selanjutnya mengkhitan anak tersebut yang hukumnya wajib bagi anak laki-laki dan sunnah bagi anak perempuan. Kemudian yang mesti dilakukan adalah mengaqiqahkan anak kita tersebut, yaitu dengan dua ekor kambing bila anak tersebut laki-laki dan satu ekor kambing apabila anak tersebut perempuan.

Semoga kita dimudahkan mengamalkan sunnah-sunnah tersebut.

Pemateri : Ustadz Taufiq Abu Zulfa حَفِظَهُ اللهُ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *