Sun. Jul 5th, 2020

Para ulama mengatakan dalam sebuah pepatah.

العلم شجرة و العمل ثمراه. العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر.

“ilmu itu ibarat pohon yang diharapkan buah darinya dan amalan itu adalah buahnya. Ilmu tanpa amal, ibarat pohon tanpa buah”

Seumpama lainnya, bagaimana bila kita memiliki kebun yang berhektar-hektar namun dari kebun tersebut tidak menghasilkan buah apapun. Demikian pula kita yang mempunyai ilmu namun tidak diamalkan sehingga tidak menghasilkan apapun. Juga yang selalu hadir di kajian namun tidak mengamalkannya sedikitpun apa manfaatnya. Maka semoga apa yang telah kita pelajari apa yang telah kita dengarkan dari kajian-kajian kita dapat merubah diri kita dari keburukan-keburukan maksiat yang kita lakukan sebelumnya. Karena tidak ada kehidupan yang bahagia, tidak ada yang dapat menentramkan jiwa kita, juga yang membuat kita bahagia dunia akhirat melainkan dengan kembali kepada Allah, menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan segala bentuk larangan-Nya.

Allah berfirman dalam Alquran surah An-Nahl ayat 97 :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Demikian semoga kita menjadi orang-orang yang senantiasa mengamalkan ilmu-ilmu yang telah kita ketahui. Barakallahufiikum

Wallahu a’lam

Ditranskrip dari Kajian
Ustadz Farhan Abu Furaihan

Oleh Tim Syiar Tauhid Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *