Mon. Apr 15th, 2024

Hukum Nikah Siri Tanpa Diketahui Istri Pertama dan Khalayak Ramai

1 min read

Pertanyaan:

Bagaimana hukum nikah siri yang tidak diketahui oleh istri pertama dan disembunyikan pula dari khalayak ramai?

Jawaban:

Nikah siri secara definisi sendiri adalah nikah yang tidak tercatat secara administrasi negara. Adapun bila pernikahan itu dihadiri oleh wali si wanita, ada pula saksi minimal 2 orang, maka pernikahan itu tetap sah secara syar’i. Menyoal diumumkan kepada khalayak ramai, ulama mengatakan hal tersebut tidak wajib, namun lebih afdhal jika dilakukan. Namun, kami tidak menasihati orang untuk melakukan hal itu karena beberapa pertimbangan, di antaranya:

  1. Akan menyulitkan istri kedua dan anaknya dari segi administrasi negara (tidak bisa membuat Akta Kelahiran, KK, sulit masuk sekolah, dan beragam kesulitan lainnya)
  2. Sangat berbahaya apabila dilakukan orang yang bermudah-mudahan dalam perkara nikah-cerai. Apabila yang melakukan ini seseorang yang dianggap berilmu, tentu akan merusak citra dakwah dan Islam itu sendiri.
  3. Mengundang persekusi masyarakat akibat dituduh berzina, pernikahannya tidak dapat dibuktikan secara administrasi, bahkan orang-orang sekitarnya sampai pemimpin di kampungnya pun tidak mengetahui pernikahan tersebut.

Oleh karenanya, jangan sampai kita bermudah-mudahan dengan administrasi negara, karena itu akan menyulitkan kita sendiri pada akhirnya. Dari sisi aturan, ia telah menyelisihi aturan negara, bahkan prinsip kaum muslimin ahlussunnah wal jama’ah adalah taat kepada penguasa selama hal itu tidak menyelisihi agama Allah.

Walaupun mungkin ada kondisi sebagian orang ketika nikah siri hal-hal yang dikhawatirkan tersebut mungkin tidak terjadi, atau ada kondisi yang kita tidak bisa menyalahkan pelakunya karena pertimbangan-pertimbangan diluar keumuman yang barangkali tidak kita ketahui.

Wallahua’lam bishawwab.

Pemateri : Ustadz Farhan Abu Furaihan حَفِظَهُ اللهُ

Editor : Team Syiar Tauhid Aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *