Bekal Untuk Ramadhan

Share Yuk!!!


Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhuma ia berkata:

إِذَا صُمْتَ، فَلْيَصُمْ سَمْعَكَ وَبَصَرَكَ وَ لِسَانَكَ عَنِ الْكَذِبِ وَ المآثَمِ ، وَدَعْ أَذَى الْخَادمِ ، وَلْيَكُنْ عَلَيْكَ وقار وَ سَكِيْنَةٌ يوم صيامك ، وَلاَ تَجْعَلْ يَوْمَ فِطْرِك وَ يَوْمَ صِيَامَكَ سَوَاءً

Jika engkau berpuasa, maka pendengaranmu, penglihatanmu dan juga lisanmu juga harus berpuasa dari kedustaan dan perbuatan dosa, dan janganlah engkau hiraukan gunjingan-gunjingan yang datang menghampirimu. Dan jadikanlah ketenangan bagimu dihari-hari puasamu, dan jangan engkau jadikan hari-hari yang biasa engkau jalani sama dengan hari puasamu.

Ini merupakan gambaran yang bercahaya dari gambaran bekal untuk bulan Ramadhan. Yang mana tujuan pensyari’atan puasa adalah untuk penjagaan jiwa, pensucian hati, dan bentuk perealisasian dari ketakwaan, dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa, serta agar kita dapat memperbaiki hati, lisan dan anggota tubuh kita. Maka, betapa banyaknya keindahan bagi orang yang mendatangi bulan yang penuh keberkahan ini dengan memperbaiki bekalnya agar ia memperolah banyaknya kebaikan.

Semoga Allah Subhanahuwata’ala menolong kita semua agar senantiasa menjaga puasa kita serta kesempurnaannya, yakni dengan puasanya anggota tubuh kita dari kedustaan dan perbuatan dosa, dan  kita senantiasa berada diatas  ketenangan, serta kita tidak menjadikan hari-hari yang biasa kita jalani itu sama dengan hari yang penuh dengan keberkahan ini.

[Lihat kitab At Tuhaf karya Syaikh Abdurrazzaq bin Abdil Muhsin Al Badr hal : 9]

Penulis: Team Fawaid Al Misk
Dimurojaah oleh: Ustadz Imam Abu Abdillah
Sumber: Al Misk
Dipublikasikan ulang oleh: Syiar Tauhid Aceh


Lihat Faedah Ilmiah Asatidzah Disini:

Bantu dakwah bersama Syiar Tauhid Aceh
Klik: Donasi Dakwah

Jazakumullahu khayran wa baarakallahufiykum.

Share Yuk!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares